Selasa, 29 Maret 2016

15 Tahun Madina, Batu Sondat Belum Merasakan Pembangunan

Beritasumut.com – Warga Desa Batu Sondat, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan adanya pembangunan insfrastruktur di desa mereka. 

Pasalnya, setelah 15 tahun Kabupaten Madina dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Desa Batu Sondat yang letaknya di ujung Provinsi Sumut ini belum terjamah pembangunan.

Kasri Nasution (50) warga Batu Sondat, Senin (26/1/2015) mengatakan, sejak Madina berpisah dari Tapsel, Batu Sondat yang berbatasan dengan Kabupaten Pasaman Barat, belum pernah tersentuh pembangunan.

"Terkadang kita merasa iri dengan desa-desa lain di Madina ini, karena desa lain mendapat perhatian dengan adanya pembangunan, sedangkan desa kami entah kapan akan mendapat perhatian dari Pemkab Madina," ujarnya.

Apalagi bila dibandingkan dengan desa di Kabupaten Pasaman Barat, perbandingannya sangat jauh berbeda. Semua desanya telah mendapatkan pembangunan yang merata, seperti insfrastruktur jalan, drainase dan lainnya, ungkap mantan ketua salah satu ormas kepemudaan di Kecamatan Batahan tersebut.

Masih kata Kasri, saat ini warga Batu Sondat sangat mendambakan adanya pembangunan insfrastruktur jalan, air bersih, MCK dan drainase. Sebab, apabila datang musim panas, sepanjang jalan desa akan mengepul debu yang dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan warga.

Belum lagi datang musim hujan, desa akan kebanjiran karena tidak mempunyai drainase atau parit. Sehingga tak jarang rumah warga akan terendam banjir dan jentik-jentik nyamuk berkembang biak, tandasnya.

Hal senada disampaikan Nasfa (35) warga Batu Sondat lainnya. Nasfa mengutarakan, seluruh warga sangat memimpikan adanya perhatian dari Pemkab Madina untuk melakukan pembangunan di desanya. Sebab semua daerah di Kabupaten Madina mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Saya sangat merasakan sekali betapa daerah kami sangat tertinggal jauh dengan daerah-daerah lain di Kabupaten Madina," tegasnya.

Pantauan wartawan, masyarakat Desa Batu Sondat yang kesehariannya sebagai petani dan buruh PTPN IV, ingin adanya perhatian dari Pemkab Madina untuk sesegera mungkin melakukan perubahan dengan membangun jalan sebagai urat nadi penunjang perekonomian masyarakat. 

Kondisi jalan akan sangat berbeda apabila telah memasuki desa yang sudah masuk wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. (BS-026)

0 comments:

Posting Komentar