Minggu, 30 Oktober 2016

PENGETAHUAN YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG DAJJAL

Dajjal merupakan seorang yang akan datang pada akhir zaman, Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam mengabari bahwa kedatangan Dajjal merupakan suatu pertanda dekatnya hari Kiamat. Dajjal bukan merupakan seperti hewan yang berbentuk manusia, Dajjal merupakan makhluk ciptaan Allah Subhana Wa Ta’ala yang masih termasuk keturunan Nabi Adam ‘Alaihi salam yang berarti termasuk golongan manusia. Kedatangan Dajjal juga termasuk fitnah yang besar di akhir zaman.

Ciri - cirinya

Dia memiliki banyak sifat yang di jelaskan dalam berbagai hadits agar manusia lebih bisa mengenalnya dan memberi peringatan kepada yang lain atas kejelekannya, sehingga bila dia keluar maka orang – orang yang beriman dapat mengenalinya dan tidak terkena fitnahnya. Sifat – sifat ini dapat membedakannya dari manusia lain. Maka tidak ada yang tertipu kecuali orang bodoh yang telah ditetapkan kesengsaraannya. Hanya kepada Allah sematalah kita memohon, supaya kita diselamatkannya dari fitnah tersebut.

Diantara sifat – sifatnya, bahwa dia adalah seorang laki – laki, masih muda, berkulit merah, pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan ( leter o ), berambut keriting, keningnya lebar, dadanya bidang, mata kanan buta ( seakan – akan seperti buah anggur yang menonjol ), di keningnya tertulis huruf  ï»›ïºŽï»‘ﺮ ( kaf, fa, ra ) atau kafir, setiap muslim dapat membacanya, baik dia orang yang buta huruf maupun tidak. Sifat yang lain bahwa dia mandul, tidak memiliki anak. berikut diantara hadist Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam yang menjelaskan ciri – ciri fisik dajjal yaitu :

a. “Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting rambutnya, buta sebelah matanya, dan matanya kabur tidak menonjol dan tidak juga cekung, jika ia memperdayai kalian maka ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta sebelah.” [HR. Ahmad 23144, Abu Dawud 4320]
b. Dari ‘Umar radhiyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam menceritakan Dajjal di tengah – tengah manusia, lalu beliau bersabda :”Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak picek ( buta sebelah ), dan ketahuilah sesungguhnya al-Masih Dajjal adalah picek mata sebelah kanannya. Matanya bagaikan anggur yang menonjol”.( HR Bukhari, kitab al-Fitan )
c.“Tidak ada seorang Nabi pun kecuali telah memperingatkan ummatnya tentang Dajjal yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwa Dajjal buta sebelah matanya sedangkan Allah tidaklah buta sebelah. Tertulis diantara kedua matanya; Kafir (yang mampu dibaca oleh setiap muslim).” (HR. Al-Bukhari 7131,7408, Muslim 2933)


Dajjal akan keluar dari arah timur, dari khurasan, dari perkampungan yahudi Ashbahan, kemudian dia mengembara di atas bumi, tidak ada satu negri pun yang ditinggalkannya kecuali Makkah dan Madinah, dia tidak bisa memasukinya karena para Malaikat menjaganya.

Dari Fathimah binti Qais, bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :”Ketahuilah sesungguhnya dia ( Dajjal ) berada dilaut Syam atau laut yaman. Oh tidak, bahkan ( ia akan datang ) dari arah timur. Dari arah timur?”( dan beliau memberi isyarat dengan tangannya kerah timur ). HR. Muslim.
Dari Anas radhiyallahu’anhu, dia berkata,” Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Dajjal akan keluar dari perkampungan yahudi Ashbahan, bersamanya ada tujuh puluh ribu orang yahudi.” ( HR. Ahmad, Ibnu Hajar mengatakan shahih).

Pulau Sedir, di laut Mediterania

kalau kita lihat banyak symbol – symbol Dajjal yang digunakan Negara di timur Madinah yang telah mempersiakan diri menyambut kehadiran Dajjal…

King Tower, Jeddah

Lambang lencana Kepolisian Saudi Arabia
Tidak akan memasuki Makkah dan Madinah

Diharamkan kepada Dajjal untuk memasuki Makkah dan Madinah ketika dia keluar di akhir zaman berdasarkan hadits – hadist yang menjelaskan hal tersebut. Ketika dia sampai dikota Madinah, dia tidak bisa memasukinya. Jadi tetap di luar kota Madinah dan bertahan disekitarnya.

Dari Abu Said radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:”Dajjal akan tiba dan dia terlarang memasuki Madinah. Dia akan tinggal disebuah daerah bergaramdi sekitar Madinah.” ( HR, bukhari no.9245)

Dari anas bin Malik, Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,”Dajjal akan datang dan tinggal di suatu tempat dekat Madinahdan kemudian bergoncanglah Madinah tiga kali sehingga orang non muslin dan munafiq keluar dari Madinah dan menuju kepadanya.” ( HR. Bukhari, no.9239 )

baca juga : PENTINGNYA PENGETAHUAN TENTANG HARI KIAMAT

Ada sebuah bangunan di sekitar Madinah, bangunan itu secara resmi disebut istana kerajaan. Namum masyarakat setempat meneyebutnya “istana dajjal”. Dan banyak Ulama mengatakan bahwa bangunan ini terletak di atas “gunung bergaram” sesuai yang diceritakan dalam hadits Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam

Bangunan di gunung bergaram

Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,”Dajjal akan mendaki gunung dan melihat ke arah kota Madinah. Kemudian dia akan mengatakan terhadap pengikutnya kalian melihat istana putih itu ? itu adalah masjidnya Ahmad ( Hakim dalam mustadrak shahih sesuai syarat dari imam Muslim ).
Masjid Nabawi dilihat dari gunung bergaram

Memang jelas, pada saat Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam mengucapkan hadits ini, Masjid Nabawi masih sangat sedrhana karena hanya terbuat dari lumpur basah berwarna kecoklatan dan batu bata. Pada saat ini Masji Nabawi telah berubah menjadi sangat besar dan Nampak indah seperti istana putih.

Masjid Nabawi

Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,”Almasih Dajjal tidak akan memasuki Madinah yang pada saat itu memiliki 7 gerbang, yang setiap gerbangnyaakan dijaga 2 Malaikat ( HR. Bukhari, bab fitan, vol. 9, no. 240 ).

Memang ketika kita melihat Madinah saat ini, terlihat memiliki 7 jalan utama memasuki kota Madinah : Satu dari Jeddah, Makkah, rabigh, Bandara, Tabuk dan 2 dari wilayah sekitar. 

Kota Madinah saat ini

Imam Ahmad meriwayatkan dari Junadah bin Abi Umayyah al-Azdi, dia berkata,” Aku mendengar dari kalangan Anshar pergi menemui seorang dari kalangan sahabat Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam,lalu kami berkata,”Ceritakanlah kepada kami apa –apa yang engkau dengarkan dari Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallamyang bercerita tentang Dajjal…( lalu dia menuturkan hadits dan berkata),”Sesungguhnya dia akan berdiam di muka bumi selama empat puluh hari, dalam waktu tersebut dia akan mencapai setiap sumber air dan tidak akan mencapai empat masjid : Masjid Haraam, Masjid Madinah, Masjid ath-Thur, Masjid al-Aqsha.( HR. al-Haitsami berkata,”Diriwayatkan oleh Ahmaddan perawinya adalah perawi shahih. Ibnu Hajar berkata,”Para Pearwinya adalah tsiqab).

Kita memohon kepada Allah Subhana Wa Ta’ala, agar kita mendapat perlinduganNya dari fintah Dajjal ini, walhamdulillah. a/s


Dari berbagai sumber

2 comments: