Selasa, 25 Oktober 2016

PENTINGNYA PENGETAHUAN TENTANG HARI KIAMAT

ilustrasi hari kiamat
Pengetahuan hari Kiamat adalah perkara yang ghaib yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala, sebagaimana hal itu banyak di jelaskan oleh ayat al – Qur’an dan hadits – hadits Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam. Hari Kiamat adalah perkara yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala. Tidak ada yang mengetahuinya, baik itu kepada Malaikat yang didekatnya maupun kepada seorang Nabi yang diutus. Tidak ada yang mengatahui terjadinya Hari Kiamat kecuali Allah Ta’ala.

Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam sering kali membicarakan keadaan Kiamat dan kedahsyatannya, sehingga orang – orang waktu itu bertanya kepada beliau kapan terjadinya Kiamat, dan beliau menjawabnya bahwa itu adalah masalah ghaib yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala.

Dalam al – Qur’an Allah Subhana Wa Ta’ala berfiman,
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".( QS al – A’raf : 187 )

Allah Ta’ala memerintahkan NabiNya, Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam agar mengabarkan kepada manusia bahwa pengetahuan tentang terjadinya Kiamat hanya ada di sisi Allah semata, hanya Dialah yang mengetahui masalahnya dengan jelas dan kapan tejadinya, tidak seorang pun dari penduduk langi dan bumi mengetahuinya.

Allah Subhana Wa Ta’ala berfiman,
Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.”( QS al – Ahzaab : 63 )

Begitu juga para Malaikat, ketika Jibril ‘Alaihi Salam bertanya kepada Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam tentang hari Kiamat, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Jibril yang panjang – Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
“Orang yang ditanya tentangnya tidak lebih tahu daripada orang yang ditanya.”( HR Bukhari, kitab al – limaan ).

Jibril tidak mengetahui kapan hari Kiamat itu terjadi, begitu pun Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam.
baca juga : BENCANA ALAM TERDAHSYAT YANG PERNAH TERJADI DI INDONESIA
cuplikan film 2012

Demikian pula Nabi ‘Isa ‘Alaihi Salam, beliau juga tidak mengetahui kapan Kiamat itu terjadi, padahal beliau akan turun ketika Kiamat sudah dekat. Bahkan ( turunnya Nabi ‘Isa ) termasuk tanda – tanda besar Kiamat.


baca juga : SEBAB – SEBAB ALLAH MENURUNKAN AZABNYA 

Imam Ahmad meriwayatkan, demikian pula Ibnu Majah dan al – Hakim dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu‘anhu, dari Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda :
“pada malam aku di Isra’kan ke langit, aku bertemu dengan Ibrahim, Musa, ‘Isa.”Beliau bersabda,”lalu mereka saling menyebutkan tentang perkara Kiamat, selanjutnya mereka mengembalikan perkara mereka kepada Ibrahim, maka beliau berkata,’Aku tidak memiliki ilmu tentangnya, kembalikan perkara kepada Musa,’Lalu beliau berkata,’ ’Aku tidak memiliki ilmu tentangnya, kembalikan perkara kepada ‘Isa.’Akirnya beliau berkata,’Adapun kapan terjadinya, maka tidak ada seorangpun yang mengetahuinya kecuali Allah. Di antara wahyu yang diberikan oleh Rabb-ku ‘Azawajalla kepadaku,’ sesungguhnya Dajjal akan keluar.’ Beliau berkata,’ dan aku membawa dua pedang. jika dia melihatku, maka dia akan meleleh sebagaimana timah meleleh.’ Beliau berkata,’ Lalu Allah membinasakannya ( HR . Ahmad no. 3556, tahqiq Ahmad Syakir, dan beliau berkata”isnadnya shahih.”)

Ibnul Qayyum Rahimahullah berkata,”dan orang yang mengaku – ngaku sebagai ahli ilmu pada zaman kita ini telah menampakkan kebohongan. Dia berpura –pura kenyang ( dengan ilmu ), padahal ilmu itu tidak diberikan kepadanya.a/s

Walhamdulillah...

Sumber :
Buku : Hari Kiamat Sudah Dekat, karya Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al – Wabil



0 comments:

Posting Komentar